Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot

 MATERI TENTANG BLOG

A.    LATAR BELAKANG
Semakin berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan diiringi juga dengan perkembangan zaman yang cepat, sehingga tidak menutup kemungkinan berpengaruh pada pola kehidupan manusia yang semakin maju terutama pada aspek kehidupan keseharian, dalam menggunakan ilmu teknologi.
WAP ( Wireless Application Protokol ) merupakan suatu bentuk aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Wireless Markup Language (WML), bahasa yang digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat digunakan pada telepon selular. Dengan menggunakan wireless sebagai penghubung antara aplikasi dan sever.
Mengingat semakin padatnya aktifitas di kehidupan zaman modern ini, maka tidak dipungkiri lagi membuat keterbatasan dalam setiap hal kehidupan sehari-hari. Misalnya keterbatsan waktu untuk melakukan transaksi secara langsung dalam pemesanan tiket perjalanan baik udara, darat maupun laut. Sepeti yang kita ketahui untuk memudahkan masalah tersebut, fasilitas telepon selular dengan aplikasi WAP dan internet pada zaman sekarang ini yang semakin bertumbuh pesat setiap tahunya, adalah salah satu solusi yang dapat memudahkan pengguna untuk mengakses atau mendapatkan informasi terupdate secara online.

B.     TUJUAN :
1.      Mengetahui pengertian blog lebih jelas
2.      Mengetahui tentang sejarah dan perkembangan blog
3.      Mengetahui lebih jelas fungsi dan kegunaan blog
4.      Memperjelas cara pembuatan blog

C.     PENGERTIAN
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.  Jorn Barger menggunakan   istilah  Weblog   untuk  menyebut   kelompok  website pribadi  yang  selalu  diupdate  secara  kontinyu  dan  berisi  link-link  ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan  para pembuatnya  menampilkan berbagai   jenis   isi   pada  web   dengan  mudah,   seperti   karya   tulis, kumpulan   link   internet,   dokumen-dokumen(file-file  Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Para   pembuat   blog   dinamakan  Blogger. 

D.    SEJARAH BLOG
Blog  pertama  kemungkinan  besar  adalah  halaman  "What’s  New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian  pada  Januari  1994  Justin  Hall  memulai  website pribadinya "Justin’s  Home Page" yang kemudian  berubah  menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan  khusus   tentang  pembuatan  website,  HTML,  dan  web hosting   untuk   membuat   Blog,   sehingga   hanya   mereka   yang berkecimpung  di  bidang  Internet,  System  Administrator  atau  Web Designer yang  kemudian  pada waktu  luangnya menciptakan  Blog-Blog mereka sendiri. Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk  menjadi   seorang  Blogger,  karena  kita  dapat  menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.

Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:
1.     Melalui weblog,kita dapat memperluas  hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
2.       Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang  anda  bahas,  dapat  dibaca  oleh  pengunjung  blog  yang   tak terbatas.  Beda  dengan  email  yang  hanya  bisa  dibaca  oleh  orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.
Seiring   perkembangan   weblog   dari   waktu   ke   waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide - ide dan kemauan para Blogger. 

E.     JANGKA WAKTU PELAKSANAAN :     30 Menit - 60 Menit
F.      ALAT DAN BAHAN :
1.      PC
2.      Jaringan Internet
3.      Jobsheet

G.    REFERENSI :


H.    LANGKAH KERJA :
  1. Karena anda sudah punya Google Email atau Gmail. Berarti yang harus anda lakukan hanyalah masuk ke http://blogger.com.

    buat blog baru

    Silahkan isi Form Login dengan data login pada akun Gmail anda.

  2. Jika email anda belum pernah didaftarkan di blogger, akan ada ucapan selamat datang dari Blogger. Klik saja lanjutkan ke Blogger.

    buat akun profil blogger

    Anda akan masuk ke halaman Dashboard blogger, sekarang akun blogger anda sudah jadi.

  3. Pada tahap ini kita sudah selesai membuat profil untuk akun Blogger.

    profil blogger

    Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog yang akan dibuat. Silahkan ikuti saja tutorial dibawah ini..

  4. Pada halaman dashboard, silahkan klik Blog Baru yang ada di samping kiri. Tombol tersebut berguna untuk mendaftar blog baru anda.

    daftar blog baru

  5. Akan muncul 3 form pendaftaran blog yang harus anda isi, meliputi:

    • Judul: Isi dengan nama blog anda
    • Alamat: Isi dengan alamat atau URL blog anda, seperti seoterpadu.blogspot.com
    • Template: Pilih salah satu, nanti bisa anda ganti sesuai yang anda mau.

    Isi Form Untuk Melengkapi Proses Pembuatan Blog

    Kemudian klik Buat Blog untuk mulai mempublikasikan blog tersebut dan dengan begitu maka blog blogspot Anda sudah selesai dibuat.

  6. Setelah proses membuat blog, selanjutnya kita akan melakukan setting dasar pada blog yang baru kita buat. Caranya dengan klik Setelan > Dasar

    pengaturan dasar blog baru

    Di halaman settingan dasar ini Anda bisa mengatur berbagai hal seperti mengubah Judul Blog, Mengisi Judul Blog bahkan Anda juga bisa mengkustomisasi domain blogspot Anda menjadi Top Level Domain seperti dot com, dot net, dot org, dll.

Share this:

Posting Komentar

 
Designed by OddThemes & Distributed by Free Blogger Template