Macam-macam Pheripheral Beserta Fungsinya dan Gambarnya

A.    LATAR BELAKANG
Dalam membantu dan memudahkan pekerjaan manusia, dibutuhkan beberapa pheriferal sesuai dengan kebutuhannya. Pheriferal tersebut ada yang diinstal terlebih dahulu seperti printer dan lain sebagainya. Ada juga yang tidak perlu diinstal atau biasa disebut plug and play, pasang saja dan langsung bisa digunakan. Contoh pheriferal plug and play adalah flashdisk, dan lain sebagaimana.

B.     TUJUAN DAN FUNGSI :
1.      Memenuhi tugas mata pelajaran produktif
2.      Mengetahui kegunaan tiap-tiap pheriferal
3.      Mengetahui jenis-jenis pheriferal
4.      Siswa dapat memasang beberapa jenis pheriferal

C.     PENGERTIAN :
Periferal adalah perangakat tambahan yang dipasang pada komputer untuk lebih mendayagunakan komputer. Perangkat ini ada yang digolongkan sebagai perangkat masukan, processor dan perangkat keluaran.

D.    ALAT DAN BAHAN :
1.      PC
2.      Pheriferal
3.      Proyektor

E.     JANGKA WAKTU PELAKSANAAN : 10 Menit – 45 Menit

F.      REFERENSI :
1.       Google
2.       Grup Facebook Sepuluh TKJ 3 16/17 Smuhblig


G.    LANGKAH KERJA :

Macam-macam Pheripheral Beserta Penjelasan Fungsinya :

1. TRACKBALL
Fungsinya sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.



2. JOYSTICK
Alat berbentuk tongkat kecil (biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse.


3. JOYPAD/GAMEPAD
Fungsinya sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.


4. KAMERA DIGITAL
Kerjanya mirip kamera foto biasa, hanya saja hasilnya langsung disimpan dalam format data komputer. Hasil yang diperoleh jauh lebih bagus dibandingkan hasil cetakan film negatif.


5. PLOTTER
Sama fungsinya dengan printer tetapi khusus untuk mencetak gambar. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasa. Plotter generasi pertama harus dipasangi rapido (pena khusus untuk menggambar), namun sekarang plotter juga terdiri dari inkjet dan laser.


6. EXTERNAL FLOPPY DISK DRIVE
Sama fungsinya dengan disk drive yang terpasang di casing, tetapi yang ini berada diluar dan dihubungkan dengan kabel. Umumnya digunakan untuk komputer laptop/notebook. Pada saat ini, floppy disk drive sudah sangat jarang digunakan. Fungsinya sekarang digantikan oleh USB Flash Disk.


7. TAPE DRIVE 

Berfungsi untuk menjalankan tape dalam penyimpanan/pengambilan data.

8. LCD PROYEKTOR
Berfungsi untuk menampilkan gambar secara besar dilayar, dengan cara menembakan cahaya / memproyeksikan gambar. Dari segi teknologi, proyektor ada dua tipe yaitu proyektor yang menggunakan teknologi DLP dan satu lagi menggunakan teknologi 3 LCD.


9. DIGITIZER
Alat ini berfungsi untuk menginput data seperti tulisan maupun untuk mengedit dengan lebih fleksibel karena menggunakan pen seperti saat kita menulis.Alat ini biasanya digunakan dalam hal desain.


Share this:

Posting Komentar

 
Designed by OddThemes & Distributed by Free Blogger Template