Cara Mudah Menginstal Windows 7

A.    LATAR BELAKANG
Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian : 

1.      Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.
2.      Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command prompt pada Windows Xp (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
3.      Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
4.      Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
5.      Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.

Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.

B.     TUJUAN DAN FUNGSI :
1.      Memenuhi tugas mata pelajaran produktif
2.      Memperbanyak pengetahuan tentang Sistem Operasi
3.      Siswa dapat menginstal windows 7

C.     PENGERTIAN :
Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasidalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

D.    ALAT DAN BAHAN :
1.      Jobsheet / Modul tentang Menginstal Windows 7
2.      DVD Installer windows
3.     DVD ROM Atau Flashdisk yang sudah berisi File Iso Installer Windows 7

E.     JANGKA WAKTU PELAKSANAAN : 45 Menit – 120 Menit

F.      REFERENSI :

G.    LANGKAH KERJA :
Cara Mudah Menginstall Windows 7
Oke, bagi Anda yang belum bisa menginstall windows, cobalah ikuti beberapa langkah dibawah. Dan untuk memudahkan Anda, pada tutorial ini Penulis sertakan juga gambar-gambarnya.
Cara Mudah Menginstall Windows 7 Lengkap dengan GambarSebelum menginstall windows 7, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa hal, seperti:
  • Backup data-data penting yang ada
  • Apabila yang akan di install windows adalah laptop, siapkan charger untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Pastikan hardware yang digunakan dalam keadaan baik.
  • Mempersiapkan Installer Windows 7 (baik berupa DVD ataupun Flashdisk)

Langkah-Langkah Menginstall Windows 7
  1. Masukkan Installer Windows 7 yang sudah Anda siapkan dan catat serial numbernya.

  2. Atur agar booting awal melalui DVD. Pengaturan dilakukan pada BIOS. Anda bisa tekanDelete ataupun F2 untuk bisa masuk BIOS, atau sesuaikan dengan motherboard Anda. Kemudian Simpan lalu restart.
Atur booting3. Jika muncul peirintah Press any key too boot from CD or DVD, Anda bisa tekan tombol apa saja. Setelah itu akan muncul proses Windows is loading files, dilanjutkan dengan Starting Windows.
Setup is loading filesStarting Windows4. Pilih Language to Install, Time and currency format, untuk keyboard biarkan US. Lalu klik Next.
Pilih Language to Install, Time and currency format, dan Keyboard layout5. Karena tujuan kita adalah mnginstall, maka pilih Install Now.
install now6. Tunggu beberapa saat pada proses Setup is starting.
Setup is Starting7. Beri centang pada I accept the license terms, kemudian klik next.
beri centang pada I accept the license terms8. Pada bagian ini, pilih saja Custom (Advenced). Agar nantinya dapat memilih di drive mana Windows 7 akan di install.
pilih custom9. Mengatur drive sekaligus partisi pada step ini di sarankan bagilah hardisk minimal 2 drive.
Satu untuk drive untuk windows 7 (C) dan satu drive untuk data (D) dengan memilihdrive option. Sebelum lanjut, pilihlah Disk 0 Partition 2 yang merupakan partisi (C). Kemudian klik Next.
partisi harddisk10. Tunggulah beberapa proses installasi dibawah ini.
proses copying windows filesproses copying windows filesproses installing featuresproses installing updates11. Secara otomatis komputer akan resstart sendiri
otomaris restartbooting12. Setelah selesai restart, tunggulah proses Setup is starting service.
Setup is starting service13. Proses installasi akan dilanjutkan secara otomatis.
Completing Installation14. Setelah proses installasi seleesai, komputer akan kembali restart.
setup will continue after starting your computerkembali mulai15. Tunggulah hingga proses Setup is preparing your computer for first use selesai.
Setup is preparing your computer16. Dan akan dilanjutkan dengan proses Setup is checking video perfomance.
Setup is checking video perfomance17. Setelah proses diaatas, Anda akan diminta memasukan Username dan Computer Name, kemudian klik next.
memasukan Username dan Computer Name18. Jika diperlukan, masukan password yang Anda inginkan. Langsung saja klik next,jika tidak diperlukan.
password19. Masukkan Product key, lalu klik next. Jika tidak memilikinya Anda bisa lewatkan dengan klik skip.
Product key20. Pilih opsi yang Anda inginkan untuk fasilitas windows update.
windows update21. Pilih zona waktu Anda.
zone waktu22. Anda diminta untuk menetapkan lokasi jaringan, jika Anda terhubung dalam sebuah jaringan.
lokasi jaringan23. Sampai disini Anda sudah berhasil, menginstall windows 7 pada komputer ataupun laptop Anda. Tunggulah sampai masuk ke dekstop.
Windows is finallizing your settingwelcomepreparing your desktoptampilan desktop windows 7Kini, windows 7 sudah terpasang di komputer ataupun laptop Anda. Jika Perangkat yang Anda gunakan masih dalam keadaan baik, maka proses installasi windows 7 akan berjalan dengan baik dan lebh cepat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
sumber : http://www.pintarkomputer.com/cara-mudah-menginstall-windows-7/

Share this:

Posting Komentar

 
Designed by OddThemes & Distributed by Free Blogger Template